Trik Gunakan Mesin Cuci 2 Tabung dan Pilihan Produk Terbaiknya

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mesin cuci dua tabung masih jadi primadona. Selain karena harganya lebih terjangkau, mesin cuci dua tabung tergolong mudah digunakan, mencuci berbagai jenis kain, dan mampu menghilangkan berbagai jenis noda.

Kelebihan lainnya, mesin cuci dua tabung sangat cocok digunakan masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan air sumur sebagai sumber air utama keluarga, dengan air yang cukup melimpah.

Namun terlepas dari kemudahan dan harganya yang lebih terjangkau, faktanya masih banyak orang yang asal menggunakan mesin cuci 2 tabung ini. Alhasil, selain hasil cucian yang tidak optimal, asal menggunakan mesin cuci bisa membuat usia pakainya jadi lebih pendek.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung 

Cara mengoperasikan mesin cuci 2 tabung sebenarnya tergolong sangat mudah, bahkan tanpa membaca manual book. Namun ada hal lainnya yang wajib diperhatikan, dan umumnya ini tidak masuk dalam manual book mesin cuci, diantaranya:

  • Pastikan Anda memisahkan jenis cucian sesuai dengan warna dan kategori nodanya. Selain itu, Anda pun wajib memilah cucian sesuai dengan jenis kain.
  • Jangan mencampur kain kasar dan kaku seperti Jeans, dengan bahan lembut, mudah sobek, atau bahan kain yang mudah berbulu, seperti wol, katun, sutra dan lainnya.
  • Perhatikan takaran air yang digunakan saat mencuci. Jangan terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Biasanya perbandingan yang digunakan adalah, 1 liter air/ pasang pakaian.
  • Pastikan menggunakan deterjen khusus mesin cuci. Untuk mengurangi endapan, Anda disarankan untuk menggunakan liquid detergen atau deterjen cair.
  • Perhatikan waktu mencuci dan proses pembilasan. Anda pun disarankan untuk menggunakan mode pencucian sesuai dengan jenis kain yang dicuci.

Selain itu, sebelum memasukkan pakaian ke mesin pengering, sangat disarankan untuk memeras cucian dengan cara diurut. Setelah itu susun cucian tersebut serapi mungkin, dan pastikan seimbang agar proses pengeringan berjalan lebih optimal.

Perawatan Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk menjaga mesin cuci tetap awet, dan tetap memberikan hasil cucian yang bersih maksimal, pastikan untuk merawat mesin cuci dengan baik. Perawatan mesin cuci dua tabung sendiri terbagi dalam dua kategori, pertama perawatan rutin.

Perawatan rutin ini dilakukan dengan cara melakukan pembilasan setelah mesin cuci selesai digunakan. Caranya masukkan beberapa liter air, kemudian nyalakan mesin cuci. Biarkan selama 5 menit, dan segera buang air yang berada di dalam mesin cuci.

Pastikan tabung mesin cuci dalam keadaan kosong dari air. Ini dilakukan agar tidak ada endapan yang tersisa dalam tabung penampungan air.

Yang kedua adalah perawatan berkala. Perawatan ini dilakukan jika Anda melihat kotoran di bagian tepian mesin cuci. Untuk membersihkan kotoran ini, Anda bisa menggosok bagian tersebut dengan menggunakan spons. Jika dibutuhkan, gunakan sikat lembut untuk membersihkan  tabung.

Sebulan sekali coba bongkar bagian bawah tabung mesin cuci yang berbentuk bulat mirip baling-baling. Untuk membuka bagian ini, Anda bisa membuka bautnya dari atas, angkat dan bersihkan bagian tersebut dari endapan kotoran.

Bersihkan juga bagian bodi mesin cuci dengan cara melapnya dengan menggunakan lap yang dicampur dengan baking soda. Lakukan pengecekan di bagian motornya, pastikan tidak ada rembesan air yang masuk ke dalam bagian tersebut.

Untuk meminimalisir aktivitas perawatan, pastikan untuk membeli mesin cuci dua tabung dari HISENSE. Selain harganya lebih terjangkau, dan mudah dirawat, mesin cuci ini punya banyak fitur unggulan yang membuat proses mencuci jadi lebih mudah, dan bersih maksimal.

Beberapa produk mesin cuci 2 tabung dari HISENSE yang sangat direkomendasikan adalah, Twin Tub 9KG – WSAC 901W, Twin Tub 8KG – WSAC801W, Twin Tub 7KG – WSAC701W. Produk tersebut bisa Anda dapatkan di Electronic City, atau toko elektronik langganan Anda.

Untuk Anda yang hobi berbelanja online, mesin cuci 2 tabung HISENSE bisa didapat di beberapa situs e-commerce, seperti Lazada, Shopee, JD.ID, akulaku, dan lainnya.

Verawati

Back to top