Tips Mencari Sepatu Bayi

Melindungi kaki si kecil, Anda akan memerlukan sepatu bayi yang berkualitas. Jangan hanya tergoda dengan bentuknya yang lucu-lucu saja, tetapi juga pertimbangkan hal-hal lainnya lagi, seperti usia dari bayi kecil Anda, dan sepatu jenis apa yang cocok untuk periode pertumbuhannya sekarang ini. Kalau Anda salah memilih, justru kaki dari bayi Anda yang akan terganggu pertumbuhannya.

Jika Anda melihat dari usia bayi Anda dan tahap perkembangannya, sebenarnya ada 2 jenis kategori sepatu secara umum, yaitu:

Sepatu prewalker

Sesuai namanya, sepatu ini ditujukan bagi bayi yang masih belum bisa berjalan, sehingga terbuat dari bahan yang lebih lembut seperti katun.

Sepatu walker

Sepatu jenis ini adalah sepatu untuk bayi yang sedang belajar jalan, dan karena itu, memiliki sol yang lebih kokoh, meski masih cukup lentur.

Kalau Anda hendak memilih sepatu bayi bagi si kecil, perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda tidak salah pilih:

1.Ukuran

Pastikan bahwa sepatu mempunyai ruang di mana kaki bayi masih bisa bergerak, agar perkembangan kakinya tak terganggu. Tetapi juga jangan memberinya sepatu yang terlalu longgar karena bisa membuat lecet kakinya.

2.Berat

Untuk bayi yang masih di bawah 1 tahun, maka sepatu seberat 1 ons sudah cukup. Anda bisa memilih sepatu dengan bobot lebih begitu dia sudah berusia 2 tahun ke atas.

3.Telapak sepatu dalam

Pastikan bahwa bahannya lembut dan lunak, nyaman bagi telapak bayi, namun tetap bisa melindungi kakinya.

4.Sol sepatu

Pilih bahan yang anti selip agar bayi tak gampang jatuh, seperti bahan karet. Sering-seringlah membersihkannya agar debu dan kotoran tak menempel.

Secara medis, memilih sepatu yang tepat akan sangat membantu melindungi kaki bayi Anda dalam masa pertumbuhannya. Sepatu yang baik juga akan mampu mengalihkan berat badan dari bayi ke lantai. Adapun bentuk sepatu yang disarankan demi kesehatan kaki bayi Anda adalah:

  • Lentur, sehingga enak dipakai dan fleksibel ketika berjalan. Lihatlah apakah sepatu bisa ditekuk dengan mudah.
  • Bagian atasnya terbuat dari kain (bukan plastik), demi memudahkan kaki ‘bernapas’ atau sirkulasi udara.
  • Sol tidak terlalu tebal, namun juga bukan sangat tipis sehingga kaki terasa tak terlindungi.
  • Mempunyai penyangga yang melengkung dan juga empuk, agar telapak kaki bisa disangga.

Kalau Anda berencana membeli sepatu bayi, ingatlah bahwa ukuran kaki mereka akan berkembang sangat pesat sampai mereka remaja. Bahkan ketika mereka berusia 10 tahun, sudah terjadi perubahan ukuran kaki sampai 30 kali lebih.

Jadi ketika Anda memilih, memang tak ada salahnya Anda mencari sepatu yang lucu dan bentuknya unik, namun tak perlu membeli yang terlalu mahal lantaran bayi akan memerlukan sepatu baru setiap beberapa bulan.

Verawati

Back to top