Saat Bosan, Inilah Hal – hal  Ini Bisa Dilakukan Di Internet 

Internet of Things (IoT) pada dasarnya mengacu pada pengerjaan internet dan interkoneksi perangkat komputasi, mesin, objek, yang biasanya disematkan dengan pengidentifikasi unik dan memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan besar dan lebar. Ini disebut sebagai koneksi jutaan perangkat fisik melalui Internet yang biasanya digunakan untuk pengumpulan dan berbagi data.

IoT terutama melibatkan konversi kecerdasan manusia menjadi kecerdasan digital dengan hanya menggabungkan dunia digital dan perangkat fisik. Internet of things mengintegrasikan interkoneksi budaya manusia dengan sistem informasi digital. Konsep utama IoT diimplementasikan dengan munculnya internet nirkabel yang menjadi lebih luas. Perangkat yang kami gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti termostat yang terhubung, mesin ATM,

Mengapa Internet of Things menjadi lebih relevan dan penting ..?

Melalui IoT, semua perangkat fisik terhubung dengan internet dan karenanya dapat lebih bermanfaat dalam streaming data yang digunakan untuk pengumpulan & berbagi data. Beberapa alasan utama mengapa IoT telah menjadi bagian penting dari perekonomian kita yang sedang berkembang adalah sebagai berikut: –

  • Otomasi dalam sistem transportasi: 

IoT ketika diimplementasikan dalam sistem transportasi terutama dalam sistem pemantauan lalu lintas semakin meningkat dalam mengurangi arus lalu lintas, konsumsi bahan bakar, dan karenanya akan menghasilkan banyak nyawa yang diselamatkan.

  • Pendidikan dikombinasikan dengan IoT: 

Dengan kemajuan IoT di sektor pendidikan, telah memungkinkan untuk meningkatkan keamanan kampus, peningkatan institusi pendidikan untuk mengelola sumber daya utama mereka, dan juga memberikan akses informasi yang lebih baik kepada guru, orang tua, dan siswa.

Penggunaan beberapa perangkat lunak otomatis yang terutama bertujuan memudahkan manajemen seluruh administrasi sekolah dengan menghubungkan beberapa jaringan ke server basis data tunggal akan lebih efisien. Ini dapat diimplementasikan dengan bantuan software ERP sekolah seperti CampusCare yang merupakan salah satu alat utama yang terutama digunakan untuk sistem pendidikan hi-tech.

  • Memastikan Keamanan & Keselamatan Siswa: 

IoT telah membuktikan dirinya efisien dalam memastikan keamanan siswa di dalam kampus. Teknologi RFID dikombinasikan dengan IoT untuk melacak dan dengan mudah mengakses informasi mengenai lokasi real-time siswa sambil berada di lokasi yang merupakan manfaat utama bagi orang tua & guru untuk memastikan keamanan anak mereka.

Beberapa perangkat efektif yang dapat digunakan oleh siswa termasuk gelang RFID dan Smart ID-card dimana lokasi tepatnya dapat dilacak kapan saja.

  • Penghematan Biaya & Peningkatan Efisiensi Energi: 

Di dalam gedung sekolah & kampus penggunaan teknologi IoT dapat dibuat lebih efisien untuk administrasi pendidikan dengan mengurangi biaya pemanasan, pendingin udara dan pencahayaan. Sensor suhu cerdas dapat dengan mudah dipasang di dalam ruang kelas dan juga sektor industri, dengan menghubungkan sensor ini ke sistem pemanas untuk memantau kondisi suhu.

Melalui sistem IoT yang terhubung ke sistem pemanas, jendela akan secara otomatis membuka & menutup, menghidupkan & menurunkan radiator dan juga akan mengontrol sistem pemanas sehingga memastikan suhu ruangan seimbang & normal dan tidak ada pemborosan energi.

  • Sektor Keuangan & Akuntansi: 

IoT dapat membantu administrasi sekolah dalam hal penghitungan akun dengan hanya menghubungkan sistem pembayaran ke server database pusat dan kemudian pemantauan & pelaporan akun dapat secara otomatis tanpa intervensi manual.

  • Meningkatkan kinerja siswa: 

Penggunaan IoT dalam bidang pendidikan menyediakan pendekatan yang berpusat pada siswa di mana gadget yang dapat dipakai dan ikat kepala muse adalah perangkat yang digunakan oleh siswa yang dapat memiliki potensi jauh melampaui dokumentasi rutin harian.

Dengan demikian, ini akan membantu dalam memantau denyut jantung dan sinyal otak dan karenanya bermanfaat bagi guru dan orang tua untuk menerima pemberitahuan waspada dari setiap pikiran yang terganggu dan dengan demikian menjaga anak-anak mereka tetap fokus.

Seiring dengan sisi positif dari penggunaan dan implementasi sistem IoT, ada juga beberapa tantangan yang dihadapi dan mereka adalah sebagai berikut: –

  • Kurangnya Pendanaan: 

Gadget dan perangkat pintar yang dapat dipakai adalah sumber teknologi hi-tech yang tidak mudah tersedia dengan harga murah dan karenanya sangat mahal. Oleh karena itu, perlu ada dukungan keuangan yang besar untuk implementasi perangkat tersebut.

  • Penerapan:

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dalam penerapan IoT adalah Interoperabilitas di antara produsen gadget pintar. Karena IoT terhubung dengan industri skala kecil, mungkin ada masalah kompatibilitas ketika produsen industri skala kecil tidak dapat bekerja dengan lancar satu sama lain. Oleh karena itu, mereka beresiko di mana monopoli pasar mereka dapat terpengaruh.

  • Hilangnya Privasi dan Keamanan Data: 

Saat ini, perangkat sehari-hari kita terhubung dengan cepat ke Internet dan oleh karena itu dapat ada ancaman bahwa semua informasi rahasia mengenai pengguna dapat dengan mudah diretas oleh pengguna yang tidak sah. Oleh karena itu, keamanan data rahasia tidak dijamin untuk sebagian besar.

  • Kehidupan yang dikendalikan secara teknologi: 

Penggunaan teknologi hi-tech dalam kehidupan sehari-hari kita telah menjadi begitu menonjol sehingga dalam waktu dekat kita akan sepenuhnya bergantung pada teknologi dan karenanya akan secara drastis mengurangi keterampilan interaksi manusia di seluruh masyarakat.

  • Kurangnya Staf Menial: 

Pekerja tidak terampil adalah mereka yang paling terpengaruh oleh invasi otomasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan tingkat pengangguran yang besar yang dengan demikian dapat diatasi dengan pendidikan.

IoT telah mengambil prioritas dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan tanpa disadari oleh banyak dari kita. Karena teknologi terus tumbuh dan berkembang hari demi hari, demikian juga penggunaan IoT untuk banyak interaksi dasar kita.

Dengan demikian Internet of Things dalam waktu dekat akan merevolusi kehidupan kita sehari-hari. Terserah kepada kita tentang bagaimana kita memutuskan bahwa kehidupan kita sehari-hari bersedia untuk dikendalikan oleh teknologi hi-tech.

Jika diterapkan dengan benar, itu akan secara otomatis beradaptasi dengan kebutuhan dasar kita dan dengan demikian akan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

 

Verawati

Back to top