Pilihan Makanan untuk Anak Diare yang Aman Dikonsumsi

Diare termasuk dalam masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja, termasuk juga anak-anak yang masih belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Penyakit yang satu ini juga bukanlah sesuatu yang dapat dianggap sepele.

Apalagi dalam beberapa kasus diare sering kali menyebabkan dehidrasi bahkan juga kematian. Ada jenis diare ringan yang memang terjadi selama beberapa hari saja, namun tak jarang juga yang sakit, bahkan bisa terjadi lebih dari 1 minggu dan inilah yang patut diwaspadai.

Selama terkena diare maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk mulai memperhatikan pola makan dan juga minum, apalagi pada anak-anak. Terkadang memaksa mereka untuk cukup minum air putih saja sangatlah sulit untuk dilakukan.

Padahal air putih ini membantu untuk menghindari tubuh dan pastinya juga cegah terjadinya dehidrasi selama terserang diare. Jenis makanan yang dikonsumsi selama diare juga tak boleh sembarangan, karena jika keliru justru bisa menyebabkan masalah yang cukup serius seperti diantaranya adalah memperparah diare.

Berikut ini diantaranya pilihan makanan untuk anak diare yang bagus bagi mereka, yaitu:

  • Karbohidrat sederhana

Seperti diantaranya adalah berasal dari nasi maupun bubur, dengan mengonsumsi jenis karbohidrat sederhana semacam ini memang sangat bagus, karena bisa membuat pencernaan bekerja tidak terlalu berat untuk mencerna makanan tersebut, dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi pada perut selama diare. Jenis karbohidrat sederhana ini nyatanya juga sangat membantu dalam Padatkan feses.

  • Roti

Bagi kamu yang malas makan nasi maka bisa menggantinya dengan roti, khususnya adalah roti tawar atau yang tidak terlalu banyak menambahkan rempah maupun perasa. Mengingat nantinya hal ini juga kurang bagus untuk pencernaan. Terlalu banyak bahan perasa nantinya hanya akan membuat pencernaan bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan tersebut.

  • Telur matang

Boleh mengonsumsi telur selama terkena diare, asalkan ia dimasak sampai benar-benar matang, jenis telur rebus yang paling dianjurkan. Kandungan protein yang cukup tinggi sangat bagus untuk mencukupi asupan nutrisi selama terkena diare. Protein ini juga akan diserap oleh pencernaan, tidak begitu saja dibuang menjadi feses, bantu untuk memadatkan feses.

  • Sup ayam

Selama diare tubuh akan banyak kehilangan cairan, jenis makanan yang tinggi cairan seperti sup ayam ini akan sangat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi, berikan selagi hangat sehingga mereka akan suka mengonsumsinya.

  • Ubi atau kentang rebus

Ubi dan kentang rebus ini adalah sumber karbohidrat yang juga bagus dikonsumsi selama terkena diare, sebagai sumber tenaga untuk buah hati yang mencret. Selain itu juga bagus untuk memadatkan tekstur dari feses selama diare.

  • Aneka daging dan juga ikan

Daging sampai dengan daging ikan asalkan dimasak hingga benar-benar matang, maka aman dikonsumsi oleh penderita diare, bahkan juga sangat bagus karena kandungan protein yang ada didalamnya cukup tinggi, sebagai sumber nutrisi bagi mereka. Mencegah kekurangan nutrisi selama diare.

Itulah berbagai jenis makanan aman dan tepat untuk anak diare yang bisa diberikan kepada buah hati, pastikan juga segera memberikan obat pada mereka untuk mencegah diare semakin parah. Untuk menjaga agar tubuh tidak mudah dehidrasi atau kekurangan cairan, maka usahakan untuk memberikan mereka cairan elektrolit seperti oralit, maupun juga pemberian air putih sesering mungkin. Jika kondisi diare tersebut masih tidak  reda juga setelah berhari-hari maka segera ajak anak ke dokter.

Verawati

Back to top