Perkembangan Kartu Kredit

Perkembangan zaman yang semakin maju mengakibatkan adanya perubahan di berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam bidang keuangan. Transaksi jual beli yang dulunya digunakan berupa system barter (tukar menukar antara barang dan barang).

Kemudian transaksi jual beli berkembang menjadi perdangangan yang dikenal dengan istilah pembayaran yaitu pembelian barang dengan mata uang.

Sekarang transaksi tersebut berkembang menjadi transaksi jual beli menggunakan kartu kredit yaitu (pembayaran barang yang dilakukan menggunakan sebuah kartu sebagai alat pembayaranya). Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang merambah dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. 

Dalam penggunaan kartu kredit transaksi jual beli menggunakan sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank. Seseorang yang ingin membeli suatu barang tidak harus membawa uang dalam jumlah yang besar. Sehingga tidak memerlukan ruang yang banyak dalam dompet.

Selain itu orang yang sedang melakukan perjalanan, baik perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata juga merasa aman dan nyaman karena tidak harus membawa uang yang banyak dalam perjalananya. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan alat pembayaran modern tersebut mereka tidak beresiko terhadap tindakan criminal yang akan terjadi dalam perjalanan.

Telah diketahui bahwa dalam perjalanan menggunakan sarana transportasi umum terutama bus, banyak terjadi kasus perampokan yang menggunakan modus makanan yang sudah diberi obat tidur dan tidak sedikit korban yang ditemukan tidak sadar dan uang yang dimiliki hilang.

Adanya fenomena inilah kemudian dimanfaatkan oleh berbagai bank yang ada untuk mengeluarkan kartu kredit demi keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Awalnya pengguna kartu ini umumnya adalah masyarakat kelas menengah atas. Namun seiring dengan syarat pengajuan dan permohonan yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis kredit bank lainya. Pengguna kartu ini merambah ke masyarakat kelas menengah.

Selain karena pengajuan yang mudah, jangkauan penggunaan kartu yang luas juga mempengaruhi banyaknya kartu yang semakin beredar. 

Menjamurnya transaksi jual beli online juga menjadi salah satu penyebab maraknya kartu pembayaran ini beredar dengan cepat. Pada transaksi jual beli online, banyak toko online yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu kredit. Sehingga memudahkan pembeli dalam pembayaran transaksi.

Bila anda belum memilikinya silahkan secepatnya anda memiliki alat pembayaran yang canggih ini, namun ingat untuk tetap menggunakannya sebijak mungkin agar tagihannya tidak membengkak dan akhirnya justru memberatkan anda.

Verawati

Back to top