Menilik Tahapan Pengobatan Kanker Serviks dan Efek Sampingnya!

Diseluruh dunia, kanker serviks menempati urutan keempat dari semua jenis kanker yang banyak diderita oleh wanita. Inilah kenapa penyakit tersebut selalu menjadi momok yang paling menakutkan bagi wanita. Pada dasarnya, semua penyakit tidak akan menyerang ketika tubuh melawan.

Seperti yang diketahui jika kanker tersebut dipengaruhi oleh beberapa penyebab, salah satunya keturunan. Lakukan beberapa usaha pencegahan mulai dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Karena kanker serviks tidak bisa dengan mudah diobati begitu saja, perlu beberapa tahap terlebih dahulu dan itu belum tentu memberikan hasil terbaik.

Ketika orang sudah menderita kanker serviks, ada beberapa pengobatan yang harus dilakukan dan bersifat kompleks.

Oleh karena itu umumnya rumah sakit biasanya akan membuat sebuah tim profesional yang ahli dalam pemberantasan kanker leher rahim tersebut. Umumnya ada 3 jenis operasi yang harus dilakukan untuk pengobatan kanker serviks seperti:

  • Trakelektomi radikal.

Ini merupakan proses dimana leher rahim dan juga jaringan yang ada disekitarnya baik serta bagian atas vagina diangkat, tetapi untuk bagian rahim dibiarkan.

  • Histerektomi.

Lalu ada metode yang akan digunakan untuk melakukan pengangkatan leher rahim yang dilakukan beserta rahim. Tetapi untuk jenis yang satu ini, umumnya harus diperhatikan terlebih dahulu jenis atau termasuk stadium yang seperti apa. Jika memang sudah berlanjut, jika diperlukan untuk mengangkat ovarium dan tuba falopi tetap bisa diangkat.

  • Eksenterasi panggul.

Kemudian ada proses dimana dilakukan pengangkatan atau dikatakan operasi besar pada bagian leher rahim, vagina, kandung kemih, ovarium, tuba valopi ataupun beberapa bagian yang memang perlu untuk diangkat sepenuhnya.

 Setelah melihat beberapa tahapan atau proses penyembuhan kanker serviks seperti telah dikatakan diatas. Anda perlu paham juga seperti apa efek samping dari proses tersebut, ini bukan hanya masalah dampak tetapi juga dapat menjadi ketidaknyamanan penderita selama prosesnya. Nah, berikut ini jenis proses penyembuhan dan efek sampingnya yaitu.

  1. Untuk proses yang pertama bisa memberikan efek samping pada luka atau infeksi bagian usus, meskipun pada tahap pertama ini bagi beberapa wanita masih mempunyai kesempatan hamil meskipun tidak sukses.
  2. Lalu proses kedua akan memberikan dampak ketidakmampuan untuk memiliki anak, ini resiko yang didapatkan dari histerektomi.
  3. Dan terakhir ini merupakan proses yang memberikan efek paling parah seperti mual, muntah, dan beberapa yang sudah dikatakan pada proses sebelumnya.

Untuk setiap jenis kanker tentu memiliki cara pengobatan yang berbeda pula, makanya dalam hal ini perlu untuk diperhatikan lebih baik lagi.

Umumnya memang ada beberapa yang perlu untuk radioterapi ataupun kombinasi dari beberapa proses yang telah disebutkan diatas.

Melihat hal tersebut tentu Anda sebagai perempuan harus lebih bisa menjaga kesehatan supaya tidak beresiko penyakit tersebut dan harus menjalankan proses pengobatan yang panjang, melelahkan, menyakitkan dan menghabiskan banyak biaya.

 

Verawati

Back to top