Langkah-langkah Yang Harus Diketahui dalam Pengolahan Kacang Mete

Pohon kacang mete, meskipun aslinya berasal dari Brasil, telah menyebar ke seluruh dunia tropis dan saat ini, penghasil utama kacang mete termasuk Nigeria, India, Vietnam, dan Pantai Gading. Pembeda utama tentang kacang mete adalah kenyataan bahwa kacang muncul di luar buah.

Buah jambu mete disebut juga jambu mete dan kacangnya muncul di luar buah. Biji jambu mete adalah bijinya dan ini dikelilingi oleh cangkang ganda. Untuk akhirnya mencapai bijinya, yaitu biji jambu mete, cangkang tersebut harus dibuang dan ini melibatkan pengolahan yang sistematis.

Langkah-langkahnya adalah :

Pembersihan

Awalnya, kacang mentah dibersihkan dan kotoran, pasir, batu dan partikel lain serta benda asing dihilangkan.

Pengeringan

Setelah dibersihkan, kacang dikeringkan di bawah sinar matahari terbuka, untuk menghilangkan kelembaban. Untuk memastikan kedua sisinya dikeringkan, kacang harus digulung secara teratur. Proses pengeringan terjadi di bawah terik matahari, biasanya di halaman terbuka.

Pembakaran

Kulit luar jambu mete sangat keras dan perlu dilunakkan. Ini dilakukan melalui proses pemanggangan. Di sini, kacang mete disangrai dengan kompor yang disuplai uap air dari ketel. Waktu pemanggangan tergantung pada sifat mete dan dinilai berdasarkan pengalaman.

Pemotongan

Setelah kulit terluar lunak, itu dipotong. Proses pemotongan bisa manual maupun otomatis. Dalam kasus operasi otomatis, ada mesin khusus yang melakukan tugas tersebut. Tetapi pengaturan bilah sangat penting, untuk memastikan bahwa kernel bagian dalam tidak terpengaruh. Metode manual melibatkan penggunaan mesin yang dioperasikan dengan tangan atau kaki.

Ada kontrol yang lebih besar dalam proses ini dan persentase kernel yang keluar tidak rusak lebih tinggi. Namun, kehati-hatian harus dilakukan, karena cangkangnya mengandung resin alergi. Ini bisa berbahaya, jika tidak ditangani dengan benar.

Menjemur di ruang yang panas

Meskipun kulit luar jambu mete sudah dipotong, ada kulit biji yang menempel atau testa. Ini harus dihapus. Karena kulit biji ini melekat erat pada biji, satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengeringkannya di ruang yang panas. Biasanya kacang mete disimpan dalam nampan dan udara panas dari blower dilewatkan di atasnya. Suhu yang dipertahankan biasanya sekitar 75 hingga 80 derajat Celcius. Setelah testa dilunakkan, pemrosesan lebih lanjut menjadi mudah.

Mengupas

Pada tahap ini, testa dikupas. Meskipun di masa lalu, metode pengupasan manual digunakan, kini telah menggunakan mesin. Metode yang paling umum digunakan adalah meniup testa dengan udara bertekanan tinggi. Ini akan memastikan penghapusan testa tanpa merusak kernel. Metode lain yang digunakan termasuk pembekuan, penyedotan, melewatkan biji melalui rol karet, dll.

Grading dan Packing

Akhirnya, kernel dinilai. Potongan yang rusak diurutkan secara terpisah dan seluruh kernel juga diurutkan berdasarkan bentuk, warna, dan parameter lainnya. Pengemasan dengan kualitas yang berbeda dilakukan di lingkungan yang higienis dan kacang mete siap untuk dikonsumsi.

Verawati

Back to top