3 Tips Penting Jika Ingin Mendaki Gunung Yang Tinggi 

Mendaki gunung di dataran tinggi memang melelahkan dan berat, menuntut mental dan fisik dan Anda harus siap dengan baik untuk pendakian jika memang ingin sampai ke puncak. Saat berpikir untuk mendaki gunung, kemungkinan besar Anda akan melakukannya dalam tim dan Anda benar-benar tidak ingin menjadi pengeluh yang menyeret semua orang ke bawah.

Ingatlah bahwa apapun bisa terjadi selama pendakian termasuk elemen seperti perubahan cuaca buruk, medan sulit, dan longsoran salju. Ini membantu untuk mempersiapkan jauh sebelumnya dan untuk memastikan bahwa Anda secara fisik dan mental siap untuk tantangan di depan.

  1. Bentuk tubuh dan persiapkan fisik

Anda tidak dapat bangun pada suatu pagi dan memutuskan untuk pergi mendaki gunung karena membahayakan kesehatan Anda. High Altitude Mountains benar-benar menantang dan Anda harus berkomitmen selama berminggu-minggu untuk berolahraga dan berlatih sebelum akhirnya memulai pendakian untuk memilih.

Buat jadwal olahraga yang menguji tubuh Anda sehingga mampu bertahan dalam berbagai medan dan kondisi yang mungkin Anda hadapi saat mendaki gunung. Coba sebutkan dataran tinggi, bidang bebatuan, dan medan yang bervariasi dalam program latihan Anda sehingga tubuh terbiasa dengan apa yang diharapkan.

Juga sangat disarankan untuk meningkatkan latihan intensitas kardiovaskular dan memasukkan latihan beban karena Anda akan membawa makanan dan perlengkapan lainnya saat mendaki gunung. Jika pergi sebagai sebuah tim, maka Anda juga bisa melakukan latihan bersama.

  1. Bersiaplah secara mental untuk kemungkinan tantangan

Faktanya adalah tidak semua orang yang siap dan ingin mendaki gunung selalu berhasil mencapai puncak. Pendakian memang memiliki kemungkinan dampak yang mungkin mengubah segalanya; Anda mungkin tidak selalu mendapatkan hasil yang Anda harapkan di penghujung hari.

Misalnya, Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk mendaki gunung hanya karena cuaca berubah secara drastis dari cerah ke salju, hujan, dan hujan es. Cedera juga kemungkinan yang dapat mempersingkat pendakian Anda; kematian juga sangat mungkin terjadi terutama di pegunungan yang tinggi.

Meskipun Anda tetap memperhatikan prakiraan cuaca di sekitar waktu pendakian, pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin sebelum berangkat mendaki untuk meminimalkan risiko tidak mencapai puncak seperti yang diharapkan.

  1. Siapkan perlengkapan pendakian Anda

Mungkin akan berkeringat untuk mendaki gunung di dataran tinggi, tetapi suhunya bisa sangat rendah. Oleh karena itu, pastikan Anda berpakaian dengan benar, pastikan Anda memperhatikan seberapa nyaman perasaan Anda dengan perlengkapan yang Anda pilih.

Sepatu hiking yang pas dengan nyaman, pakaian bernafas tapi hangat, sarung tangan, topi bulu, syal adalah beberapa hal yang harus Anda pikirkan. Barang penting lainnya termasuk kacamata hitam polarisasi, tiang trekking dan tentu saja tas backpacking yang kokoh. Perlengkapan P3K dan botol air serta makanan ringan lainnya juga harus disertakan saat berkemas untuk pendakian.

Verawati

Back to top